Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purbalingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keluhan Warga Soal Kabut Asap Pekat Melanda Siang dan Malam

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 September 2019 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah warga Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mengeluhkan kabut asap yang terjadi sejak siang hingga malam hari.

"Dalam beberapa hari terakhir ini, kabut asap muncul pada siang hingga malam hari. Itu sangat mengganggu, terutama pernapasan," kata Mahdianur, salah seorang warga, Kamis, 4 September 2019.

Keluhan warga karena kabut asap mengganggu aktivitas. Juga dampaknya terhadap kesehatan, salah satunya mata perih. Apalagi kabut asap tersebut disertai abu yang beterbangan.

"Saya juga tidak berani membawa anak-anak keluar di tengah kabut asap ini, karena sangat rawan terserang penyakit," kata Mahdianur.

Sementara, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit, Nur Setiawan menerangkan, kabut  asap yang terjadi di Sampit pada hari ini muncul sejak pukul 14.00 WIB. Dan mulai berangsur hilang sejak pukul 17.00 WIB.

"Kabut asap yang terjadi hari ini mulai muncul sejak pukul 14.00 WIB, dan berangsur hilang pada pukul 17.00 WIB," terang Setiawan.

Sedangkan jarak pandang sendiri pada hari ini masih normal yakni 2.500 meter. Dan hostpot yang terpantau di Kotim mencapai 87 titik. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru