Barito Utara Gelar Pelatihan Diversifikasi Anyaman Rotan

  • Oleh Ramadani
  • 04 September 2019 - 21:56 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Disdagrin Barito Utara menggelar pelatihan diversifikasi anyaman rotan, di aula BappedaLitbang Muara Teweh, Rabu 4 September 2019.  

Kepala Disdgrin Barito Utara H Hajrannor mengatakan, tujuan pelatihan untuk regenerasi pengrajin anyaman rotan di Kecamatan Teweh Timur dan Kecamatan Gunung Purei.

Pelatihan diversifikasi anyaman rotan secara sederhana dapat diartikan sebagai pelatihan membuat macam - macam pola dengan desain yang beragam.

“Sehingga mempunyai aneka model yang pada akhirnya dapat meningkatkan nilai seni dan nilai jual suatu produk anyaman rotan yang dihasilkan oleh masyarakat, khususnya di daerah ini,” kata Hajran Noor.

Hajran Noor juga mengharapkan dalam kegiatan pelatihan ini dapat menjadi pelatihan untuk pengkayaan kreasi serta model desai dalam memproduksi barang anyaman rotan. 

“Dan diharapkan peningkatan SDM dari pengrajin dapat lebih berkembang dalam mengikuti kegiatan pelatihan anyaman rotan ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Hajran mengatakan seiring perkembangan jaman, perkembangan desain selain dengan manual dapat juga dengan desain digital. 

“Sehingga dengan bekal pengetahuan dari pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai produksi yang lebih berkualitas,” imbuhnya.(RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru