Peminat Pendaftar Calon Kepala Desa pada Pilkades 2019 di Murung Raya Tinggi

  • Oleh Syahriansyah
  • 04 September 2019 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Peminat pendaftar calon Kepala Desa pada Pilkades 2019 di Kabupaten Murung Raya dinilai sangat tinggi.

Pemkab Murung Raya akan menggelar pemilihan kepala desa pada 6 November 2019 nanti di 20 desa. 

Pada tahapan penjaringan yang sudah dilakukan di setiap desa yang akan melaksanakan Pilkades antusias pendaftar calon Kades bahkan mencapai 10 calon perdesa.

Perihal ini disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Desa dan Kelurahan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mura Dommy Joan. 

"Rata-rata dalam setiap Desa yang mendaftar jadi Kepala Desa diatas 5 calon bahkan ada yang sampai 10 calon namun nantinya akan tetap dilakukan seleksi," pungkasnya, Rabu, 4 September 2019.

Kemudian ia juga mengatakan dengan adanya desa yang mencapai 10 orang pendaftar maka nantinya diperkirakan akan dikerucutkan menjadi 5 calon, karena merujuk pada UU Desa Nomor 6 Tahun 2016 dan Permendagri Nomor 112 pasal 23 ditentukan minimal calon ada dua orang dan maksimalnya lima orang.

"Penyeleksian akan kemungkinan dilakukan oleh tim Kecamatan atau panitia lansung di Desa, untuk DPMD hanya menyediakan soal untuk seleksi setiap pendaftar calon Kades," lanjutnya. (RIANSYAH/B-5) 

Berita Terbaru