Puluhan Anak Bawah Umur di Kalteng Terlibat Tindakan Kriminal

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 04 September 2019 - 22:30 WIB

BORNEONEWS,  Palangka Raya -  Selama tahun 2019 terdapat puluhan anak bawah umur di Kalteng yang terlibat tindakan kriminal. Hal ini terbukti dengan adanya 28 anak di bawah umur yang sedang menjalani proses hukuman di Lapas Khusus Anak Palangka Raya.

"Di Lapas anak ini ada 28 orang anak di bawah umur yang kami bina. Itu data terkini sampai September tahun 2019 ini," ujar Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Palangka Raya, Mubasirudin, Rabu 4 September 2019.

Menurutnya dari 28 anak yang dibina paling dominan terjerat kasus asusila.  "Ya yang paling banyak itu kasua asusila. Sedangkan kasus lainnya bervariasi, " ujar Mubasirudin.

Sementara itu hukuman terberat yang ada di LPKA yakni tujuh tahun. Dan semuanya  yang berada disini sudah incraht semua.

Penyebab anak melakukan asusila pun rata-rata juga dari lingkungan keluarga sendiri, makanya perlu adanya peran orang tua dan keluarga.

"Kejahatan asusila kebanyakan dari lingkungan keluarga sendiri. Maka dari itu perlu adanya pengawasan terhadap anak," jelasnya. (ARNOL/B-5)

Berita Terbaru