Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terobosan Gubernur Kalteng Bangun Fiber Optic ke Semua OPD Terwujud

  • Oleh Budi Yulianto
  • 05 September 2019 - 09:04 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Terobosan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi atau TIK salah satunya dengan membangun fiber optic ke semua organisasi perangkat daerah atau OPD, bakal terwujud.

Pembangunan jaringan Fiber Optic (FO) atau pemasangan jaringan Wide Area Network atau WAN di 43 OPD lingkup pemerintah provinsi sepanjang 34 kilometer itu dilakukan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik atau Diskominfo Kalteng. 

"Itu untuk menunjang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dalam upaya efisiensi dan efektivitas kerja birokrasi," kata Kepala Dinas Kominfo Kalteng Herson B Aden sebagaimana mengutip MMCKalteng, Rabu, 4 September 2019.

"Berbagai macam terobosan dan inovasi telah dilakukan gubernur muda ini semenjak dirinya menjabat. Seperti salah satu tekadnya adalah menjadikan Kalteng sebagai Smart Province," ungkapnya.

"Jadi nanti FO nya tersambung ke 43 SOPD sepanjang 34 km, diarahkan untuk intranet antarSOPD sehingga proses bisnis lebih lancar dengan kecepatan up to 1 Gbps," imbuhnya.

Ia menuturkan, aplikasi yang sifatnya internal Pemprov Kalteng berbasis client server tidak perlu lagi menggunakan internet, seperti SIMDA, E-Budgeting, SIP3D dan lain-lain. Pemasangan FO ini dilakukan untuk mempercepat proses bisnis Government to Government (GtG).

"Saat ini lagi on progress pembangunan jaringan FO antar SOPD. Kami berharap, bulan Oktober sudah tersambung semua dan bulan Nopember bisa diuji coba. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses bisnis GtG. Jadi tidak ada lagi jaringan lelet atau lambat, serta untuk menghemat biaya karena tidak memakai internet sebagai koneksinya," bebernya.

Herson melanjutkan, selain pemasangan itu, juga akan dipasang telepon lokal antarSOPD. Kemudian terhubung melalui CCTV sehingga tidak perlu lagi membayar jaringan. 

Video Conference antarSOPD juga dapat dilakukan. Berikutnya, aplikasi bisa terhubung dengan jaringan yang cepat up to 1 Gbps, internet bisa disupport dari satu titik di Diskominfo dan Diskominfo bisa mengendalikan pemakaian internet seluruh SOPD sehingga sesuai dengan kebutuhan.

"Tekad gubernur bapak H Sugianto Sabran menjadikan Kalimantan Tengah sebagai Smart Province dengan membuka lebar keran informasi dan data-data pemerintahan, membuat komunikasi dengan masyarakat semakin interaktif dan positif. Ini semakin mengukuhkan Kalteng menjadi provinsi yang memiliki keterbukaan informasi publik yang sangat baik di tingkat nasional," tuturnya.

Berita Terbaru