Keluarga Menjadi Salah Satu Penyebab Anak Lakukan Perbuatan Asusila

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 05 September 2019 - 09:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Keluarga menjadi salah satu penyebab anak melakukan perbuatan asusila. Hal ini disampaikan oleh Kepala Lapas Khusus Anak Palangka Raya (LPKA) Mubasirudin, Kamis 5 September 2019.

"Dari hasil pembinaan dan juga data yang dimiliki memang paling banyak anak yang terlibat perbuatan asusila penyebabnya dari keluarga. Artinya lingkungan keluarga menjadi salah satu pengaruh penting, " jelasnya. 

Lanjutnya, entah seperti apa pengaruh keluarga tersebut, tapi pada dasarnya dari pengakuan mayoritas anak yang dibina di sini seperti itu. 

Dalam proses pembinaan di Lapas, Mubasirudin menggunakan pendekatan-pendekatan layak dan ramah anak. Hal ini memang sudah menjadi prinsip dasar dalam pembinaan untuk Lapas anak dimanapun. 

"Ya pada prinsipnya ramah anak. Banyak sekali kegiatan dan rutinitas yang dibuat semuanya terarah pada perkembangan pribadi mereka menjadi baik ke depannya," ujarnya. 

Sebelumnya dirinya membeberkan, terdapat 28 anak di bawah umur yang dibina di LPKA Palangka Raya. Mayoritas anak yang dibina pun tersandung kasus asusila. 

Berkaitan dengan status hukum yang menimpa puluhan anak dibawah umur semuanya sudah inkraht.  Paling lama mereka dihukum tujuh tahun penjara. (ARNOL/B-2)

Berita Terbaru