Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

110 Calon Kepala Desa di Pulang Pisau Ikuti Deklarasi Damai

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 05 September 2019 - 11:05 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Sebanyak 110 calon kepala desa (Kades) dari 30 desa di Kabupaten Pulang Pisau mengikuti acara deklarasi damai. Kegiatan itu dipusatkan di aula kantor Bappedalitbang Kabupaten Pulang Pisau, Rabu, 4 September 2019 sore. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pulang Pisau, M Syariful Pasyaribu mengatakan, deklarasi damai ini sebagai salah satu tahapan dalam Pilkades serentak. Dirinya berharap melalui deklarasi damai ini, para calon Kades bisa menjaga agar proses pemilihan kepala desa di masing-masing wilayah berjalan damai. 

"Bahkan semua calon Kades juga sudah menandatangani sebagai wujud bahwa mereka siap menjaga kedamaian di wilayah masing-masing selama Pilkades berlangsung," kata Syariful. 

Dia meminta, deklarasi damai ini bukan hanya diucapkan saja. Tetapi harus diimplementasikan secara nyata oleh seluruh calon Kades. 

"Kalaupun ada hal-hal yang dianggap penting bisa laporkan ke panitia. Kita berharap jangan sampai ada keributan-keributan yang terjadi dalam pelaksanaan Pilkades di masing-masing desa," tegas dia. 

Syariful meminta, semua calon Kades harus betul-betul memperhatikan aturan yang berlaku. Sebab, bagi yang terbukti melanggar panitia akan bertindak tegas dengan memberikan sanksi sampai tingkat diskualifikasi bagi yang bersangkutan. 

"Kami panitia tingkat kabupaten ini tidak dibentuk oleh para calon Kades. Kami netral dan tidak memihak siapapun. Jadi kami akan tegakkan aturan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," pungkas Syariful Pasyaribu. (M.BADARUDIN/B-2)

Berita Terbaru