Pemkab Kotim Tangani Kebakaran Lahan di Area Perusahaan Kayu

  • Oleh Naco
  • 05 September 2019 - 13:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebakaran lahan yang terjadi di perusahaan kayu hutan tanaman industri (HTI) PT Ceria Karya Pranawa (CKP) yang beroperasi di Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur kini ditangani oleh Pemkab Kotim.

"Kami sudah panggil PT CKP atas perintah Sekda sudah kami buat berita acara hasil yang kita tanyakan terkait kebakaran itu," kata Camat Cempaga Hulu, Ubaidillah, Kamis, 5 September 2019.

Namun secara umum, kata dia, hasil dari pemeriksaan yang mereka lakukan sudah diserahkan kepada Pemkab Kotim melalui Bagian Ekonomi dan SDA.

"Banyak yang kami tanyakan dan hasilnya bisa langsung ditanyakan di Pemkab saja karena Pemkab yang sudah tangani, karena tugas kami hanya menjalankan perintah Pemkab," ucap Ubaidillah.

Namun demikian, kata Ubaidillah, pihak perusahaan tidak menyangkal saat mereka tanyakan kebakaran yang terjadi itu di areal izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu pada hutan tanaman industri (IUPHHK-HTI) PT CKP.

"Memang diakui mereka ada masuk di areal izin mereka," tandas Ubaidillah.

Kebakaran lahan di PT CKP terjadi beberapa waktu lalu, kebakaran itu diduga menghanguskan areal yang mencapai ratusan hektare namun hal itu dibantah oleh PT CKP yang diakui hanya sekitar 10 hektare saja. (NACO/B-2)

Berita Terbaru