Pelatihan Pemandu Wisata untuk Tingkatkan Kapasitas Pokdarwis

  • Oleh Norhasanah
  • 05 September 2019 - 13:36 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pelatihan Pemandu Wisata Alam (Ekowisata) yang digelar  Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sukamara bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bagi Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam mengelola ekowisata," ucap Kabid Pariwisata Disporapar Sukamara, Seftina Wirda, Kamis, 5 September 2019.

Menurut Wirda, kegiatan juga untuk menyusun perencanaan secara terintegrasi dalam program pariwisata diwilayah masing-masing desa, sehingga wisata yang dimiliki bisa terus berkembang.

"Pelatihan Pemandu Wisata Alam ini adalah upaya pemerintah dalam mengembangkan sumber daya manusia dan profesionalisme dalam bidang pariwisata," ujarnya.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Disporapar Sukamara, Ahmad Zunani dihadiri sebanyak 45 orang yang terdiri dari masyarakat pengelola wisata, yang saat ini telah membentuk kelompok sadar wisata.

"Peserta berasal dari Desa Cabang Barat, Desa Sungai Tabuk, Desa Sungai Damar, Desa Sungai Raja, Desa Sungai Bundung dan Desa Jihing dengan jumlah peserta sebanyak 45 orang," ujar Seftina Wirda. (NORHASANAH)

Berita Terbaru