Pentingnya Pengetahuan Masyarakat untuk Pengelolaan Ekowisata

  • Oleh Norhasanah
  • 05 September 2019 - 13:56 WIB

BORNEOMEWS, Sukamara - Kemampuan dan pengetahuan masyarakat Kabupaten Sukamara dalam mengelola wisata sangat penting. Terutama dalam mendukung ekowisata atau wisata alam.

"Untuk mendukung pengelolaan ekowisata, salah satu hal terpenting adalah kemampuan masyarakat," kata Kabid Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sukamara, Seftina Wirda, Kamis, 5 September 2019.

Menurut Wirda, kemampuan yang dimaksud yakni pengetahuan terhadap wisata di daerah, memiliki kemapuan tentang pemandu wisata alam serta kelembagaan pengelolaan ekowisata.

"Hal ini juga perlu cara pikir serta pandang masyarakat terhadap pengelolaan ekowisata yang berkelanjutan," ujarnya.

Wirda menambahkan, untuk meningkatkan pengetahuan ekowisata, salah satunya dengan memberikan pelatihan bagi masyarakat yang telah membentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis).

"Pelatihan Pemandu Wisata Alam ini merupakan upaya pemerintah dalam mengembangkan SDM dan profesionalisme dalam bidang pariwisata," jelasnya.

Kegiatan yang dibuka Kepala Disporapar Sukamara, Ahmad Zunani dihadiri sebanyak 45 orang. Terdiri dari masyarakat pengelola wisata, yang saat ini telah membentuk kelompok sadar wisata. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru