BNI Bekerjasama dengan PT SSMS Sukseskan Program Pengelolaan Pulau Salat

  • Oleh Ainun Nadzifatus Sholikhah
  • 05 September 2019 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Bank Negara Indonesia atau BNI Persero Tbk menjalin kerjasama dengan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk atau SSMS untuk sukseskan program pengelolaan Pulau Salat. 

Kerjasama itu bertujuan untuk menyukseskan program pengelolaan lokasi prapelepasliaran orang utan di Pulau Salat, Desa Pilang, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Peresmian kerjasama ini ditandai dengan penandatangan nota kerjasama dan serah terima anggaran biaya CSR antara kedua belah pihak. 

Penandatanganan dilakukan oleh Pimpinan Cabang BNI Pangkalan Bun Maslipansyah dan Kepala Departemen Corporate Social Responsibility (CSR) SSMS Kharis Nuryanto sebagai perwakilan perusahaan di Kantor Citra Borneo Indah Group pada Kamis (5/9/2019). 

Pada kesempatan itu, Maslipansyah, mengatakan, kerjasama tersebut sebagai bentuk kepeduliann BNI terhadap pelestarian orangutan. 

"Kami sadari bahwa Orangutan yang merupakan Satwa Endemik Kalimantan ini harus diperhatikan dan dilindungi bersama berdasarkan undang-undang yang ada,” katanya.

Sementara itu, Kharis Nuryanto menjelaskan secara garis besar tentang kerjasama dan program yang dilaksanakan. “Kerjasama ini dilakukan dalam rangka mengelola Pulau Salat yang menjadi lokasi prapelepasliaran orang utan. Bidang yang menjadi fokus kerjasama ini adalah pemberdayaan masyarakat di Desa Pilang yang merupakan stakeholder PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk," ucap Kharis.

Salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan adalah dengan membantu BUMDes Desa Pilang dalam membangun kebun buah-buahan dan sayuran yang menjadi sumber makanan bagi orang utan. Melalui pembangunan kebun tersebut, diharapkan pasokan buah dan sayuran dapat disediakan oleh masyarakat melalui Bumdes Desa Pilang.

“Kerjasama ini juga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan masyarakat Desa Pilang untuk ikut berpartisipasi mensukseskan program prapelepasliaran orang utan dan kawasan ekosistem esensial ini”, harapnya.

Selain itu, penandatangan kerjasama ini juga turut disaksikan oleh Plt Head Suistainabilty SSMS Rudi Hendrarto dan Kepala Departemen Konservasi Linkungan dan K3 SSMS, Joko Triyanto serta beberapa staf BNI cabang Pangkalan Bun. (RO)

Berita Terbaru