Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peserta Pelatihan Ekowisata di Sukamara Mendapat Materi Tentang Pemanduan

  • Oleh Norhasanah
  • 05 September 2019 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Peserta pelatihan Pemandu Wisata Alam atau Ekowisata bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sukamara mendapat beberapa materi. Salah satunya tentang pemanduan. 

"Pelatihan ini dalam rangka meningkatkan posisi dan peran masyarakat sebagai pelaku penting dalam pembangunan pariwisata," kata Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Sukamara, Ahmad Zunai saat membuka pelatihan, Kamis, 5 September 2019.

Menurutnya, materi tersebut mengenai tentang pelatihan pemandu wisata alam, pelatihan tata kelola pariwisata, pelatihan pemandu wisata buatan, pelatihan pemandu wisata budaya, dan pelatihan manajemen home stay.

Dalam kegiatan tersebut, Disporapar menghadirkan beberapa narasumber. Salah satunya, Ketua DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia di Kalimantan Tengah, Yomie Kamale.

"Peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah masyarakat pengelola wisata yang di desanya memang memiliki potensi destinasi pariwisata," ujar Zunani.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Disporapar Sukamara, Seftina Wirda mengatakan, kegiatan diikuti 45 orang. Terdiri dari masyarakat pengelola wisata yang saat ini telah membentuk kelompok sadar wisata.

"Peserta berasal dari Desa Cabang Barat, Desa Sungai Tabuk, Desa Sungai Damar, Desa Sungai Raja, Desa Sungai Bundung dan Desa Jihing," kata Seftina Wirda. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru