Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo Ingatkan SOPD Jaga Lingkungan Antisipasi Karhutla

  • Oleh James Donny
  • 05 September 2019 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau- Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo mengingatkan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) agar menjaga lingkungan masing-masing demi mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla. 

Pesan itu dia sampaikan dengan pertimbangan sebagian besar lokasi kantor SOPD di Kabupaten Pulang Pisau berada di lahan gambut.

"Menghadapi karhutla ini, saya harap SOPD supaya memperhatikan lingkungan. Dipersiapkan alat-alat pencegahannya jangan sampai tidak ada alatnya," kata Bupati, Kamis, 5 September 2019.

Ia juga berharap, SOPD dan seluruh masyarakat memperhatikan lingkungan karena bulan September merupakan puncak musim kemarau. "Sampai saat informasi yang kita peroleh ada lebih dari 52 hotspot (titik panas)," katanya.

Adanya karhutla telah menyebabkan Kabupaten Pulang Pisau diselumuti kabut asap pekat dalam dua hingga tiga hari terakhir.

Bupati Edy mengajak masyarakat bersama-sama mencegah kebakaran hutan dan lahan karena karhutla berdampak negatif hingga menyebabkan kerugian dalam berbagai aspek.

Pada musim kemarau tahun ini, Pulang Pisau merupakan daerah rawan karhutla. Karena 60 persen wilayahnya berupa gambut. (JAMES DONNY/B-3)

Berita Terbaru