Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Depok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Palangka Raya Gunakan Sanitary Landfill Kelola TPA Sampah

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 05 September 2019 - 17:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman atau Disperkim Kota palangka Raya berencana menerapkan tempat pengolahan akhir atau TPA sampah dengan sistem sanitary landfill.

Sanitary landfill merupakan sistem pengelolaan atau pemusnahan sampah dengan cara membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, memadatkannya, dan kemudian menimbunnya dengan tanah.

“Kami membenahi pengelolaan sampah di TPA agar nantinya tidak lagi menggunakan sistem oversampling, tapi sanitary landfill,” kata Plt Kepala Disperkim Kota Palangka Raya, Imbang Triatmaji, Kamis, 5 September 2019.

Dia meyakini dengan melakukan penutupan cover soil di sel - sel sampah yang sudah non aktif akan berimbas positif terhadap kondisi lingkungan.

Penutupan akan dapat mengurangi bau serta lalat yang banyak di lokasi TPA. Hal itu juga akan mempercepat proses pembusukan.

“Dengan ditutup dan mempercepat pembusukan nantinya dapat cepat dimanfaatkan lagi sebagai ruang terbuka hijau,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru