Penerbangan di Bandara Iskandar Pangkalan Bun Mulai Terganggu Kabut Asap

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 05 September 2019 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Penerbangan di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat mulai terganggu dengan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun, Zuber menerangkan akibat kabut asap kali ini menyebabkan keteralambatan penerbangan atau delay pesawat.

"Pagi tadi sejumlah pesawat yang akan landing mengalami keterlambatan. Kabut asap cukup pekat, sehingga mengganggu jarak pandang," ujarnya.

Jarak pandang pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB hanya 500 meter hingga 700 meter, sedangkan jarak pandang normal minimai 2 kilo meter.

Beberapa pesawat yang mengalami delay yakni Trigana Air IL 712 rute Surabaya - Pangkalan Bun dan Nam Air IN 190 rute Jakarta - Pangkalan Bun dan TransNusa 8B.

Sedangkan Wings Air tidak mengalami delay. Untuk delay hari ini selama 1 jam 30 menit, pesawat baru bisa landing di Bandara Iskandar Pangkalan Bun pada pukul 08.30 WIB.

"Akibatnya berdampak pada jadwal penerbangan selanjutnya, jadi yang harusnya sesuai jadwal, rute berikutnya menjadi ikut delay juga," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru