Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sleman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua GAPKI Cabang Kalteng Sebut Anggotanya Tidak Ada Melakukan Pembakaran Lahan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 05 September 2019 - 22:58 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua GAPKI Cabang Kalteng, Dwi Darmawan menyebut bahwa perusahaan sawit yang masuk sebagai anggotanya tidak ada melakukan pembakaran lahan.

"Total ada 103 perusahaan yang tergabung dengan GAPKI dengan luas areal 750 ribu hektare. Tidak ada yang melakukan pembakaran," kata Dwi, Kamis, 5 September 2019.

Ia menuturkan, ratusan ribu hektare lahan itu tersebar di berbagai daerah di Kalteng. Jika ada anggota GAPKI melakukan tindakan pembakaran, Dwi menegaskan harus diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

Dwi melanjutkan, tidak semua perusahaan sawit di Kalteng masuk sebagai anggota GAPKI. Soal kabar adanya perusahaan yang sedang dilakukan penyelidikan, Dwi memastikan bahwa itu bukan anggotanya.

"Sebenarnya secara internasional, sudah mengimbau untuk mempersiapkan ketika masuk musim kemarau. Salah satunya melengkapi peralatan maupun tim damkar termasuk fasilitas pendukung pemadaman," ungkapnya.

Ia menambahkan, perusaahan juga ikut memonitor adanya titik hotspot. Baik itu di luar maupun dalam konsesi. Dwi juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat desa, kecamatan, kabupaten, Kalteng dan lainnya yang telah berupaya mencegah terjadinya kebakaran lahan. (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru