Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Wondama Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim: Masyarakat Jangan Salahkan Aparat Kalau Mengambil Tindakan Tegas terhadap Pembakar Lahan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 September 2019 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotim Supian Hadi mengingatkan masyarakat jangan menyalahkan aparat kalau mereka mengambil tindakan tegas terhadap pelaku pembakar lahan.

"Saya harap masyarakat bisa memahami jika aparat dan pemerintah mengambil tindakan tegas terhadap pelaku pembakar lahan. Karena kondisi kabut asap di Sampit saat ini sudah cukup membahayakan bagi kesehatan," ujar Supian, saat menyampaikan sambutan pada pisah sambut Dandim 1015 Sampit, Kamis, 5 September 2019 malam. 

Dirinya menerangkan, saat ini kondisi kabut asap di Sampit sudah cukup membahayakan. Bahkan kemunculannya bukan hanya pagi hari, namun siang hingga malam hari. Sehingga sangat mengganggu dan membahayakan kesehatan masyarakat, terutama anak-anak. 

Hal itulah yang harus diperhatikan. Sehingga dirinya berharap jika aparat mengambil tindakan tegas, jangan disalahkan. Karena mereka ingin kesehatan masyarakat di Kotim ini selalu terjaga. 

"Saya minta para pembakar lahan cepat sadar dan tidak melakukan hal tersebut lagi. Apa yang dilakukan tersebut bukan hanya melanggar hukum. Namun juga norma agama, dan dosa besar karena membahayakan kesehatan orang lain," kata Supian. 

Apa yang ditegaskannya tersebut bukanlah diskriminasi atau menghalangi masyarakat untuk membuka lahan pertanian. Karena dirinya tidak melarang petani membuka lahannya, asalkan tidak dengan cara dibakar. 

"Ini bukan tindakan diskriminasi pemerintah daerah. Namun ini tindakan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dan anak-anak di daerah ini," terang Supian. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru