Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Blora Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabut Asap Pekat Kembali Selimuti Sampit Jumat Pagi Ini

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 September 2019 - 07:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kabut asap pekat kembali menyelimuti Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), pada Jumat pagi, 6 September 2019. Asap dampak pembakaran lahan bercampur embun sehingga tampak semakin tebal.

Kondisi kabut asap sangat dikeluhkan masyarakat, terutama yang beraktivitas di pagi hari. Baik itu para pelajar maupun sejumlah kalangan masyarakat.

Keluhan bukan hanya terhadap bau asap saja, namun juga jarak pandang akibat kabut tersebut sangat pendek. Sehingga para pengendara sepeda motor, mobil, dan juga truk harus menyalakan lampu mereka di siang hari.

Kabut asap tersebut juga menjadi perhatian orangtua, banyak dari mereka mengharapkan agar pemerintah daerah mengambil sikap terkait dengan kabut asap ini. Terutama untuk para pelajar di Sampit. Paling tidak mengatur kembali jadwal masuk sekolah. Atau kapan perlu diliburkan, jika memang kondisi kabut asap sudah sangat buruk.

"Saya sangat berharap pemerintah daerah mengevaluasi jam masuk sekolah, karena kondisi kabut asap saat ini sudah cukup buruk," kata Akhmad Jailani, salah seorang warga Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit.

Dirinya juga menerangkan, kabit asap yang terjadi saat ini bukan hanya saat pagi hari saja. Namun juga siang hingga malam hari asap sudah menyelimuti Sampit. Hal ini harus menjadi perhatian, terutama untuk keselamatan masyarakat daerah ini.

Sementara, Sekda Kotim Halikinnor, sudah memerintahkan pihak Dinas Pendidikan Kotim agar mengevaluasi jam masuk sekolah. Terutama saat kondisi semakin memburuk.

"Sudah saya perintahkan pihak Dinas Pendidikan Kotim untuk mengevaluasi jam masuk sekolah, karena saya lihat kabut asap semakin memburuk," terang Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru