Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kualitas Udara di Sampit Sangat Tidak Sehat akibat Kabut Asap Tebal

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 September 2019 - 11:48 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kualitas udara di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini telah memasuki kategori sangat tidak sehat lantaran diselimuti kabut asap tebal yang terjadi sejak beberapa hari terakhir.
 
"Kualitas udara di Sampit ini masuk kategori sangat tidak sehat, karena kabut asap dalam beberapa hari terakhir cukup tebal," ujar Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit Nur Setiawan, Jumat, 6 September 2019.
 
Konsentrasi Partikulat (PM10) yang tercatat di stasiun BMKG Bandara H Asan Sampit menyebutkan, titik tertinggi kualitas udara di daerah ini telah mencapai 330 mikrogram pada Jumat, 6 September 2019.
 
"Titik tertinggi kualitas udaran di Sampit yakni berkisar antara 200 hingga 330 mikrogram," kata Setiawan. 

Hal itupun sangat membahayakan bagi kesehatan masyarakat sehingga dirinya meminta kepada warga di daerah ini agar mengurangi beraktivitas di luar rumah. 

Jika memang terpaksa dilakukan, maka harus menggunakan masker guna mengurangi dampak dari kabut asap tersebut. 

"Kurangi aktivitas di luar ruangan dan juga gunakan masker agar lebih aman dari dampak kabut asap di daerah ini," terang Setiawan. 

Dirinya juga menerangkan, kabut asap yang terjadi di Sampit cukup lama. Karena cukup banyak hostpot di Sampit dan wilayah Selatan Kotim yang menimbukan asap dan bergerak ke barat laut hingga utara. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru