Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bantul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebakaran Hutan dan Lahan di Kecamatan Jelai Banyak Tidak Tertangani

  • Oleh Norhasanah
  • 06 September 2019 - 15:02 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kasus kebakaran lahan di Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara, tenyata banyak yang tidak tertangani. Pasalnya, mengingat lokasinya yang jauh dan lokasi yang sulit dijangkau.

"Kebakaran yang banyak belum tertangani itu di Jelai. Ini sesuai informasi dari rekan-rekan yang terjun langsung ke lapangan," kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara, M Fahmi Rizali, Jumat, 6 September 2019.

Fahmi mengatakan, kendala yang saat ini dihadapi petugas di lapangan adalah medan yang sulit untuk menuju lokasi kebakaran. Seperti kondisi rawa dan gambut.

"Sementara di Pantai Lunci, untuk akses jalan masih bisa dilalui, kalau di Jelai ini seperti di Desa Pulau Nibung banyak rawa. Kemudian, Danau Naning itu akses masuknya sudah tidak bisa," ujarnya.

"Meskipun begitu, Tim Serbu Api (TSA) dan Masyarakat Peduli Ali (MPA) di Kecamatan Jelai dan Lunci yang dibantu TNI Polri terus berupaya," imbuhnya.

Famhi menambahkan, sudah ada upaya meminta bantuan helikopter water bombing. Mengingat untuk memadamkan secara manual sudah sulit dilakukan.

"Sudah minta bantuan kemarin, hanya saja mereka saat ini masih fokus penanganan di Taman Nasional Tanjung Puting," tukasnya.

Fahmi menambahkan, status bencana kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Sukamara telah naik menjadi siaga darurat. Hal itu agar upaya yang dilakukan lebih optimal. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru