Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karimun Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hakim Pertanyakan Perusahaan Tidak Ikut Bertanggungjawab Soal Kecelakaan Kerja

  • Oleh Naco
  • 06 September 2019 - 15:22 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ro alias Jal (22) jalani sidang dalam kasus kecelakaan kerja yang menewaskan rekan kerjanya Jainudin. Dalam sidang itu, anggota majelis hakim Edi Rosadi menyayangkan dan memertanyakan kenapa manajemen PT Sinar Jaya Inti Mulia tidak turut bertanggungjawab dalam kasus ini.

"Harusnya pihak perusahaan turut bertanggung jawab jadi terdakwa juga," kata Edi Rosadi usai mendengarkan keterangan para saksi dalam sidang Jumat, 6 September 2019.

Saksi yang dihadirkan jaksa di antaranya Warno, Roni Gusro, Darmadi dan Syamsul Jakaria. Mereka mengungkapkan, kecelakaan kerja itu terjadi pada Selasa, 25 Juni 2019 sekitar pukul 07.00 Wib, saat terdakwa operator alat berat PT Sinar Jaya Inti Mulia itu berada di atas loader, datang korban menghampirinya.

Korban meminta tolong memindahkan alat molen atau pengaduk semen, dari dalam gudang ke luar dengan jarak sekitar 25 meter. Setelah berada dalam gudang terdakwa menurunkan bucket Loader itu.

Sehingga Molen diikatkan di lengan loader. Saat itu terdakwa menjalankan loader, sedangkan korban dibiarkan berada di samping kiri belakang bucket di depan ban sambil memegang molen.

"Saat itu molen bergoyang lalu oleh korban dipegang, nah saat itu korban mau melompat terpeleset dan langsung terlindas karena jaraknya sangat dekat," ucap Roni

Dari para saksi, hanya Roni yang melihat kejadian sementara lainnya tidak. Korban meninggal di lokasi kejadian setelah terlindas ban loader. (NACO/B-11)

Berita Terbaru