Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Natuna Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Batamad Minta Dinas Lingkungan Hidup Cek Kebakaran Kolam Limbah Perusahaan Perkebunan di Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 06 September 2019 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak atau Batamad Kabupaten Katingan minta Dinas Lingkungan Hidup mengecek lokasi kebakaran kolam limbah di sebuah perusahaan perkebunan yang ada di Kecamatan Tewang Sanggalang Garing.

Wakil Kepala I Batamad Kabupaten Katingan, Suwandi, Jumat, 6 September 2019 mengatakan, kebakaran kolam limbah terjadi pada Kamis, 29 Agustus 2019 lalu.

"Dengan ini kami mohon agar Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan selaku lembaga yang bertanggung jawab atas permasalahan limbah agar secepatnya melakukan pengecekan lapangan," kata Suwandi.

Menurutnya, saat ini lokasi kebakaran sudah diberi garis polisi oleh pihak Polres Katingan dan sebaiknya pengecekan segera dilakukan sebelum hujan turun sehingga bukti-bukti lapangan masih bisa diperiksa.

Kebakaran kolam limbah di perusahaan tersebut menimbulkan asap tebal yang berdampak terhadap lingkungan karena diduga limbah yang terbakar mengandung bahan yang beracun.

"Karena kebakaran tersebut terjadi di lingkungan pabrik maka kejadian itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab perusahaan baik secara hukum maupun secara administratif terlepas hal tersebut disengaja atau tidak," ujarnya.

Menurutnya, saat ini dampak asap mendapat sorotan nasional dan internasional. "Maka kami mohon agar ini ditangani secara terbuka dan kami mohon agar pengecekan lapangan melibatkan lembaga adat, dalam hal ini DAD, Batamad dan damang kepala adat bahkan kapan perlu melibatkan DPRD Katingan," imbuh Suwandi. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru