Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penderita ISPA Dampak Kabut Asap di Pulang Pisau Melonjak

  • Oleh James Donny
  • 06 September 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Jumlah penderita lnfeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA di Kabupaten Pulang Pisau melonjak hingga 30%. Hal itu dampak dari kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

"Lonjakan penderita ISPA saat ini cukup drastis, bahkan sudah mencapai 30%," kata Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau, Muliyanto Budihardjo, Jumat, 6 September 2019.

Angka tersebut jauh berada di atas angka normal yang rata-rata tidak sampai 10%. Penyebaran penderita ISPA umumnya di Kecamatan Kahayan Hilir. 

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Prengendalian Penyakit Dinkes Pulang Pisau, Pande Putu Gina, mengatakan Kecamatan Kahayan Hilir tertinggi untuk penderita ISPA. 

Dinas Kesehatan Pulang Pisau juga mendistribusikan masker ke setiap Puskesmas. Dan ini sudah dimulai sebelum kabut asat muncul.

"Kita sudah lakukan antisipasi sejak bulan Juli, dan mendistribusikan masker ke puskesmas-puskesmas," katanya. 

Dia mengatakan masyarakat yang membutuhkan masker dipersilahkan untuk mendatangi puskesmas, khususnya di daerah yang terdampak kabut asap karena karhutla. 

Antisipasi lainnya dapat dilakukan jika kondisi bencana asap masih terjadi dan berdampak lebih besar pada kesehatan. Seperti mendirikan rumah oksigen. 

Untuk ketersedian oksigen, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palangka Raya yang memiliki fasilitas filter penjernih udara. (JAMES DONNY/B-11)

Berita Terbaru