Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masa Tugas Tim Karhutla Katingan Diperpanjang Hingga November 2019

  • Oleh Abdul Gofur
  • 06 September 2019 - 17:52 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Masa tugas tim gabungan untuk pemadam kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Kabupaten Katingan diperpanjang hingga akhir November 2019.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Akhmad Rubama, Jumat, 6 September 2019 mengatakan perpanjangan masa tugas tim gabungan Karhutla ini mengingat kebakaran lahan hingga akhir Agustus 2019 masih terus terjadi.

"Untuk tahap awal kemarin masa tugas tuim gabungan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang terdiri dari unsur TNI, kepolisian, Satpol PP, Tagana, BPBD dan relawan masyarakat peduli api itu berakhir 31 Agustus 2019, tapi saat itu masih ada kebakaran lahan sehingga diperpanjang lagi sampai November 2019 nanti," sebutnya.

Selain wilayah Kecamatan Katingan Hilir, kebakaran lahan juga terjadi di Katingan Tengah, Tasik Payawan, Kamipang dan Kecamatan Katingan Kuala.

Akhmad menyampaikan terkait kebakaran hutan dan lahan ini, beberapa hari lalu tim dari BNPB pusat telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Katingan.

Bahkan mereka juga ikut pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Tasik Payawan.

Setiap hari tim gabungan terua melakukan patroli sekaligus pemadaman kebakaran jika ada lahan yang terbakar.

Akhmad mengaku dalam beberapa hari terakhir kondisi cuaca di Kota Kasongan terus diselimuti asap. Padahal sepekan lalu cuaca di Kasongan dan sekitarnya masih cerah belum diselimuti asap.

Hal ini menandakan bahwa kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah terutama daerah yang sulit dijangkau masih berlangsun meski skala kecil.

"Kita terus berupaya dengan alat yang ada untuk memadamkan kebakaran lahan itu di berbagai tempat, dan untuk wilayah kecamatan juga telah ada tim yang dibentuk kecamatan," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru