Perusahaan di Kabupaten Barito Utara Sepatutnya Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

  • Oleh Ramadani
  • 06 September 2019 - 20:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Banyaknya perusahaan pertambangan dan perkebunan yang beroperasi di Kabupaten Barito Utara sepatutnya menjadikan taraf hidup masyarakat semakin meningkat, bukan justru sebaliknya.

Namun nyatanya, cukup banyak masyarakat yang berkerja di perusahaan justru terpuruk akibat gaji yang tidak dibayar.

Anggota DPRD Barito Utara Edi Fran Aji pun angkat bicara terkait hal itu. Edi Fran Aji, Jumat, 6 September 2019, menegaskan dan mengimbau seluruh perusajaan agar memenuhi kewajiban terhadap karyawan atau pekerja.

Salah satunya gaji. Karena gaji bagi karyawan atau pekerja sangatlah penting. Sebab digunakan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Bahkan untuk meningkatkan taraf hidup mereka.

“Ada cukup banyak masyarakat lokal yang bekerja pada perusahaan di daerah ini. Kita harapkan dengan adanya perusahaan di wilayah ini dapat turut meningkatkan perekonomian masyarakat Barito Utara,” ucap politisi yang biasa disapa Aji ini.

Terkait adanya perusahaan yang merumahkan karyawan atau belum membayarkan gaji pekerja selama beberapa bulan terakhir, Aji memperkirakan bahwa hal itu terjadi akibat perusahaan tidak bisa menjual hasil produksi selama beberapa bulan terakhir.

Salah satunya disebabkan kodisi air Sungai Barito yang surut. Selain itu, bisa jadi lantaran harga jual produksi tambang batu bara saat ini sedang anjlok.

“Memang saat ini disamping terkendala alam dalam proses menjual hasil produksi, khusus untuk tambang batu bara, harga jualnya pun mengalami penurunan. Hal ini yang diduga mengakibatkan hal tersebut,” kata anggota Komisi II DPRD Barito Utara ini.

Meski demikian, ia tetap berharap perusahaan mampu menunaikan kewajiban terhadap para pekerja, khusunya terkait pembayaran gaji.(RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru