Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karang Asem Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotawaringin Timur Dukung Langkah Tegas Terhadap Pembakar Lahan

  • Oleh Naco
  • 07 September 2019 - 10:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Dadang H Syamsu mendukung langkah tegas dan penegakan hukum kepada oknum yang sengaja melakukan pembakaran lahan maupun kepada koorporasi yang tidak merawat lahannya hingga terbakar.

Menurut Dadang, seyogyanya kebakaran lahan bisa dicegah manakala tidak ada kegiatan membuka lahan saat musim kemarau dan pemilik lahan merawat lahannya.

Selain itu juga tidak ada yang sembarangan menghidupkan api maupun membuang pontung rokok yang selama ini menjadi pemicu kebakaran lahan. Menurutnya petugas akan kewalahan jika kesadaran masyarakat rendah.

Melihat kondisi saat ini kebakaran lahan tidak hanya terjadi di areal yang sulit dijangkau saja namun sudan terjadi di dalam kota.

Dadang juga meminta agar lahan yang selama ini terbengkalai dan oleh pemiliknya tidak dirawat untuk didata, jika sewaktu-waktu terbakar mereka harus bertanggung jawab.

"Banyak saya lihat lahan terbengkalai seperti di Jalan Sudirman, Pramuka, Pelita Barat, MT Haryono Barat, lingkar utara dan selatan, padahal itu tanah dalam kota. Saat terbakar pemiliknya sendiri seakan tutup mata," tukasnya.

Saat terjadi kebakaran pemilik lepas tangan dan dengan berbagai alasan kebakaran itu bukan karena perbuatan mereka seperti hal yang terjadi perusahaan HTI di Kecamatam Cempaga Hulu.

"Tiap musim kemarau akan selaku terbakar jika mereka tidak pernah merawatnya, makanya peran pemilik lahan sangat penting mereka harus aktif menjaga lahan mereka" tandasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru