Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kades Terpilih: Petani Desa Kumpai Batu Bawah Butuh Pelatihan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 07 September 2019 - 13:32 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Terpilih menjadi Kepala Desa (Kades) Kumpai Batu Bawah, Bambang Silih Warno berharap para petani diberikan pelatihan pengemasan dan pemasaran hasil panen.

"Saya berharap pemerintah tidak hanya menyuruh menaman tenanam jenis tertentu sebagai produk unggulan, tapi juga pelatihan dalam penegemasan dan penjualan hasil panen," ujarnya, Sabtu 7 September 2019.

Dia menjelaskan jika pemerintah hanya meminta petani menanam satu jenis tanaman tanpa memikirkan pengemasan dan penjualannya, maka akan berdampak pada harga. Jadi ketersediaan barangnta melimpah, namun tidak bisa memasarkannya.

"Akhirnya akan mubadzir dan harganya murah. Jadi harus ada pelatihan pengemasan agar dapat masuk ke super market atau di sebar ke kabupaten lain," ungkapnya.

Dia menyampaikan sama halnya dengan program penggemukan dari dinas peternakan, tapi saat hari Idul Adha malah mendatangkan ternak dari Jawa.

"Jadi ternak di desa kami juga harus didata. Jangan sampai tidak didata dan itu merugikan peternak," tandasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru