DPRD Seruyan: Masyarakat Jangan Membuka Lahan dengan Cara Dibakar

  • Oleh Reno
  • 07 September 2019 - 13:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Wakil Ketua Sementara Anggota DPRD Seruyan, Harsandi meminta dan mengimbau masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Karena dampak atas kebakaran lahan sangat luas. Mulai dari bencana kabut asap hingga pada mengganggu aktivitas perekonomian serta aktivitas transportasi udara, sungai, dan laut.

Imbauan ini agar bisa dipatuhi masyarakat, karena saat ini masih musim kemarau, sehingga ditakutkan api akan menyebar dan akan berdampak buruk bagi kesehatan dan khususnya lingkungan.

Selain itu dampak membuka lahan dengan cara membakar akan berpengaruh pula terhadap berkurangnya keanekaragaman hayati yang ada di lahan yang terbakar.

Dia menyebut banyak dampak negatif yang akan diperoleh, terlebih lagi akan ada sanksi hukum tegas bagi yang membakar lahan dengan sengaja.

"Karena kita ketahui beberapa waktu lalu itu pihak Polres Seruyan telah mengamankan pelaku pembakar lahan. Itu sudah jelas ada sanksi hukumnya, sehingga kita harus mematuhi dan mentaatinya," jelasnya, Sabtu 7 Agustus 2019.

Politisi Golkar ini menambahkan dengan tidak adanya pembakaran lahan, tentu udara bisa lebih terasa segar dan terhindar dari bencana kabut asap yang bisa membahayakan kesehatan. (RENO/B-6)

Berita Terbaru