Kapolsek Kapuas Hilir Bersama Tim Terpadu Padamkan Lahan Terbakar di Desa Sei Asam

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 07 September 2019 - 15:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kapolsek Kapuas Hilir AKP Darwin bersama tim terpadu Karhutla dan warga kembali berjibaku memadamkan terbakarnya hutan dan lahan sawit di RT 05 Desa Sei Asam, Kecamatan Kapuas Hilir.

Menurut AKP Darwin, api dengan cepat merambat di lahan tersebut, karena tiupan angin yang kencang ditambah semak belukar kering, sehingga api membesar dan meluas membakar hutan dan sebagian lahan sawit.

"Sempat kesulitan kami memadamkannya, karena akses menuju ke lokasi terbakar itu sulit dijangkau dan jauh dari jalan poros. Ditambah keterbatasan peralatan dan saran yang ada," ucap AKP Darwin, Sabtu, 7 September 2019.

"Sepertinya asal api kiriman dari wilayah Kapuas Timur sehingga membakar lahan dengan disertai angin yang kencang," lanjutnya.

Akibat kejadian tersebut diperkirakan sekitar 25 hektare lahan terbakar. "Dan juga sempat dibackup oleh BPBD Kapuas untuk mengatasinya," katanya.

Selain itu, dia kembali mengingatkan warga agar tidak membakar lahan. Mengingat saat ini juga kabut asap tipis sudah mulai terlihat di wilayah Kapuas. Khususnya di pagi hari.

"Karena itu peran aktif kita semua bersama-sama untuk mencegah karhutla agar tidak muncul kabut asap," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru