Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Desa Ujung Tombak Kemajuan Pembangunan Wilayahnya

  • Oleh Naco
  • 07 September 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Syahbana menyebutkan kepala desa merupakan ujung tombak kemajuan pembangunan di wilayahnya.

Terkait itu, diharapkan dengan besaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang disalurkan pemerintah, bisa meningkatkan dan memajukan desa.

Syahbana melihat sudah ada berapa kepala desa yang sudah mampu meningkatkan pembangunan desanya. Ini menjadi tolok ukur seorang kades mampu merealisasikan dan memanfaatkan dana desa untuk kepentingan masyarakat.

Ketua Fraksi Partai Nasdem ini mendorong agar kepala desa bisa melaksanakan apa yang sudah terprogramkan dalam upaya meningkatkan pembangunan desa.

"Terpenting juga setiap pembangunan desa yang dilakukan harus dengan sistem swakelola, manfaatkan masyarakat setempat, pembangunan jalan masyarakat dapat pekerjaan. Jangan dikerjakan pihak ketiga," tegasnya, Sabtu, 7 September 2019.

Dia juga berharap, keuangan desa bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Itu bisa dijalankan melalui pengembangan dan mengelola badan usaha milik desa (BUMDes) dengan memberdayakan masyarakat setempat.

"Karena jika BUMDes jalan saya yakin masyarakat yang akan menerima manfaatnya. Banyak yang bisa dilakukan tergantung kepiawaian seorang kades," tandasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru