MAN Kapuas Gelar Lomba Persahabatan Palang Merah Remaja, Diikuti 20 Kontingen

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 September 2019 - 12:34 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Madrasah Aliyah Negeri atau MAN Kapuas telah menggelar lomba Friendship Yourth Red Cross (FYRC) atau lomba persahabatan Palang Merah Remaja (PMR) ke-3 tahun 2019.

Kegiatan itu dipusatkan di halaman MAN Kapuas dan diikuti 20 kontingen yang terdiri dari 15 kontingen wira dan 5 kontingen madya. 

Panitia Pelaksana Kegiatan Muhammad Noor mengungkapkan, lomba dilaksanakan selama dua hari yakni 7 - 8 Septemper 2019. Saat ini lomba masih berlangsung.

Ia menyebutkan, lomba FYRC madya diikuti sejumlah SMP atau sederajat, dan lomba FYRC wira diikuti SMA atau sederajat di Kota Kuala Kapuas.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jiwa relawan muda yang bersahabat dan peduli terhadap sesama serta diharapkan dapat menambah ilmu, wawasan, dan keterampilan," ucap Noor kepada wartawan, Minggu, 8 September 2019.

Di tempat terpisah, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kapuas Sajarwan, menyampaikan apresiasinya atas kegiatan itu. Ia menilai, lomba tersebut memiliki dampak yang sangat positif.

Ia juga menyebutkan bahwa PMR dibentuk saat terjadinya perang dunia pertama. Yang mana diminta anak-anak remaja untuk membantu sesuai kemampuan mereka.

“PMR sendiri memiliki banyak kegiatan seperti donor darah, bakti sosial dan sebagainya yang tentu diharapkan masyarakat terutama saat-saat terjadi sebuah bencana,” ucap Sajarwan.

PMR, menurut dia, punya peranan penting dalam Palang Merah Indonesia (PMI) yaitu mengenalkan seputar kesehatan di kalangan pelajar, menjadi contoh bagi teman-teman untuk menerapkan hidup sehat. Sebagaimana semestinya pengetahuan hidup sehat diterapkan kepada diri sendiri kemudian disebarluaskan.

"Saya berpesan kepada anggota PMR agar harus siap menolong baik di sekolah, rumah, lingkungan, maupun masyarakat dan mengerjakan dengan penuh ketulusan dan keikhlasan. Sehingga menjadi ladang ibadah amal kelak di akhirat," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru