Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Akan Revitalisasi Pasar di 2 Kecamatan

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 09 September 2019 - 13:02 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kabupaten Barito Timur akan melakukan revitalisasi pasar di 2 kecamatan tahun ini. Revitalisasi dua pasar, yakni di Desa Dayu Kecamatan Karusen Janang dan Desa Jaar Kecamatan Dusun Timur akan dilakukan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Bupati Ampera AY Mebas mengatakan, revitalisasi pasar tersebut berdasarkan usulan yang disetujui pusat. Pada tahun sebelumnya juga mendapat perbantuan untuk Pasar Ampah Kecamatan Dusun Tengah. 

"Dengan adanya revitalisasi pasar dapat menumbuhkan semangat perekonomian mereka (pedagang)," kata Ampera, Senin 9 September 2019.

Pihak pemerintah juga akan menyediakan tempat pada pasar dimaksud untuk BUMDes dan kelompok tani (poktan). Bupati mendorong pengembangan usaha dengan langsung menjual produk unggulan seperti sayur dan sebagainya.

Untuk Pasar Ampah, tambah Ampera, telah selesai proses pembangunan dan serah terima di kementerian. Bahkan pihaknya telah melakukan peninjauan akhir dan saat ini tengah dalam penataan.

"Jadi saat ini masih dalam penataan pada pedagang yang akan menempati lapak yang disediakan," ucapnya.

Orang nomor satu di kabupaten berjuluk jari janang kalalawah tersebut mengharapkan, peningkatan fasilitas utama pusat jual beli disejumlah wilayah di Bartim itu bermanfaat. Utamanya menumbuhkan perekonomian yang terus berkembang. (PRASOJO/B-2)

Berita Terbaru