Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesadaran Masyarakat Gunakan Masker di Tengah Kabut Asap Masih Rendah 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 September 2019 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker masih rendah, meskipun dalam beberapa hari ini Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengalami kabut asap yang cukup pekat.

"Saat ini kesadaran masyarakat menggunakan masker masih rendah, meskipun Sampit dalam beberapa hari terakhir diselimuti kabut asap cukup pekat di siang hari," ujar Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Andri Rizky Agustian, Senin, 9 September 2019. 

Hal tersebut ditunjukkan saat PWI Kotim bersama anggota DPRD Provinsi Kalteng Sinar Kamala dan Wakil Ketua DPRD Kotim sementara Darmawati, membagikan masker di sejumlah titik di Kota Sampit. Cukup banyak masyarakat yang menolak diberikan masker. Bahkan ada yang hanya mengambil namun tidak memakainya. 

Padahal masker sangat penting untuk menjaga kesehatan di tengah terjadinya kabut asap. Karena salah satu cara yang tepat adalah melakukan hal tersebut agar bisa terhindar dari gangguan pernapasan. 

"Jangan sampai kita malu untuk menggunakan masker, karena hal itu dilakukan untuk menjaga kesehatan kita di tengah kabut asap," kata Andri. 

Dirinya juga sangat menyayangkan dengan adanya pelaku pembakar lahan di daerah ini. Karena dampak dari hal tersebut membuat asap pekat menyelimuti Kota Sampit ini. Sehingga berdampak pada kesehatan masyarakat, dan juga anak-anak. 

"Mungkin kalau orang dewasa masih bisa menahan diri dan mengantisipasi agar tidak terserang penyakit gangguan pernapasan ini. Namun kalau anak-anak, tidak sedikit yang terserang penyakit hingga harus dirawat," terang Andri. 

Dirinya berharap agar pelaku pembakar lahan bisa sadar dan tidak melakukan pembakaran lagi. Sehingga daerah ini bisa terbebas dari kabut asap. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru