Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terpantau 225 Titik Hotpsot di Kotawaringin Barat

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 09 September 2019 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih terjadi di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat. Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Ahmadi Riansyah mengatakan hari ini terpantau 225 titik hotspot atau titik panas.

"Sampai hari ini terpantau 225 titik hotspot dan terbanyak di Desa Sungai Cabang," ujar Ahmadi seusai membagikan masker gratis di Jalan Sutan Syahrir, Senin pagi 9 September 2019.

Mengapa yang paling banyak di Desa Sungai Cabang karena Karhutla di sana paling besar dan paling sukit untuk dikendalikan atau dipadamkan.

"Hampir seminggu terakhir ini kebakaran di Desa Sungai Cabang cukup besar. Hanya 1 cara yang paling efektif untuk memadamkannya, ialah caranya dengan helikopter water bombing," ungkapnya.

Sebelumnya Danlaud Iskandar Letkol Pnb Didik Setya menyampaikan jika api masih bermunculan di kawasan Sungai Cabang dan Telaga Pulang yang menjadi fokus pemadaman, dari pada penggunaan helikopter water bombing.

Pemadaman terus dilakukan meski kendalanya lokasinya dalam hutan, sehingga helikopter harus mengambil air dari muara Sungai Kumai sebelum melakukan shorty.

"Pemadaman api melalui udara mengalami kesulitan air sehingga saat ini dalam sehari hanya mampu 17 kali shorty yang awalnya dalam sehari bisa 20 kali shorty," ujarnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru