Personel Polres Katingan Bantu Tim Gabungan Padamkan Lahan di Desa

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 September 2019 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah personel Polres Katingan membantu tim gabungan padamkan lahan yang terbakar, di Desa Talian Kereng, Kecamatan Katingan Hilir, Senin, 9 September 2019.

Tim gabungan sendiri itu terdiri dari TNI, BPBD, Satpol PP, Damkar dan masyarakat peduli api.

Kebakaran lahan terjadi di Jalan Padat Karya Desa Talian Kereng, Kecamatan Katingan Hilir. Dan sudah berlangsung selama beberapa hari. Namun kebakaran tidak kunjung padam.  Hal ini karena lahan gambut di wilayah tersebut cukup tebal.

Kapolres Katingan AKBP E Dharma B Ginting, melalui Kabag Ops, Kompol Arifin, menyampaikan upaya pemadaman dan pendinginan terus dilakukan satgas. Bahkan hingga malam hari.

Ada beberapa titik karhutla yang ada di wilayah Kecamatan Hilir tersebut. Di antaranya di Desa Talian Kereng, Jalan Gembala, dan Jalan Pembangunan Km 3,5 Desa Hampalit.

"Tiga titik api ini yang terbakar sudah berhasil dipadamankan petugas. Namun beberapa titik masih mengeluarkan asap. Personel Polres Katingan bersama tim gabungan melakukan upaya-upaya pendinginan," katanya.

Selain pemadaman dan pendinginan, polisi juga melakukan patroli dan pengecekan titik hot spot secara terpadu setiap harinya. Guna memastikan tidak ada titik baru yang muncul.

Sementara itu dari pantauan, kabut asap sejak beberapa hari terakhir di Kasongan dan sekitarnya sudah cukup mengganggu kesehatan masyarakat. Karena selain menimbulkan mata perih, juga menimbulkan bau menyengat dari hasil pembakaran.

"Sudah cukup mengganggu, karena bau asapnya cukup menyengat dan mata kita jadi perih saat keluar rumah," kata Rita, warga Kasongan. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru