Sistem Informasi Pemetaan & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Merupakan Kebutuhan Bidan

  • Oleh Norhasanah
  • 09 September 2019 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Ketua PC Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sukamara, Denny Vira Sari mengatakan, peningkatan kompetensi dan profesionalisme merupakan kebutuhan bagi seorang bidan.

"Peningkatan kompetensi dan profesionalisme menjadi kebutuhan bidan guna menghadapi berbagai tantangan. Terutama dalam rangka menghadapi liberaliasasi pelayanan kesehatan di era globisasi saat ini," kata Denny Vira Sari, Senin, 9 September 2019.

Menurutnya, bidan dituntut untuk berperan aktif dalam meningkatkan akses perempuan terhadap pelayanan kebidanan yang berkualitas. Hal itu penting dalam rangka mewujudkan hak setiap perempuam mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik selama kehamilan.

"Termasuk persalinan dan kesehatan reproduksi perempuan beserta keluarga berencana, bayi, dan balita," ujarnya.

Denny menambahkan, peningkatan kompetensi dan profesionalisme bidan itu diwujudkan melalui Pelatihan Penanganan Gawat Darurat Obstetry dan Neonatal (PPGDON).

"PPGDON sangat penting diikuti bidan. Untuk persyaratan dalam mendapatkan atau memperpanjang STR dan meningkatkan kompetensi dan profesionalisme bidan melalui update ilmu terkini," terang Denny Vira Sari.  (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru