Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim Dorong Pemkab Konsisten Bangun Sektor Pertanian

  • Oleh Naco
  • 09 September 2019 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Rudianur  mendorong pemkab untuk konsisten membangun sektor pertanian. Dia optimistis jika pertanian dikerjakan dengan maksimal, maka akan memberikan efek positif.

Seperti mampu menjadikan cadangan beras melimpah. Bahkan mampu  menyuplai daerah lain di Indonesia.

"Maka dari itu pemerintah harus tetap mempertahankan daerah selatan sebagai areal khusus pertanian," tegas Rudianur, Senin, 9 September 2019.

Menurut dia, potensi produksi beras di Kotim sangat besar. Apabila memang dijadikan fokus utama untuk produksi maka diyakini itu akan sukses.

Saat ini pertanian di Kotim tengah menunjukkan  geliat. Maka dari itu, sektor yang kian merangkak naik itu harus disuplai dengan dukungan anggaran yang ideal. 

"Maka dari itu yang terpenting, di daerah selatan jangan sampai ada alih fungsi tata ruang. Kawasan pertanian itu wajib dipertahankan," tandasnya.

Di sisi lain, saat ini pemerintah daerah masih kurang memikirkan bagaimana pemasaran hasil petanian masyarakat itu. Padahal, potensi untuk memasarkan masih banyak terutama kepada penduduk lokal hingga buruh di daerah perkebunan besar swasta.

“Pemasaran salah satu faktor penentu sukses atau tidaknya pertanian. Kalau pemasarannya sulit maka untuk urusan hulunya juga akan  kurang baik," tutupnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru