Perbuatan Mesum dan Mabuk-Mabukkan Dominasi Kejahatan di Taman Kota Palangka Raya

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 10 September 2019 - 10:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Perbuatan tidak terpuji atau kejahatan paling mendominasi terjadi di sejumlah taman kota yang tersebar di Palangka Raya adalah perbuatan mesum dan mabuk-mabukkan. 

"Mesum dan mabuk itu paling banyak ditemukan saat kami melakukan patroli. Dan untuk mesum itu biasanya terjadi menjelang dini hari ketika sepi," jelas petugas taman kota, Andre, Selasa 10 September 2019.

Berbeda dengan mesum yang  biasa dilakukan menjelang dini hari disaat sepi, aktivitas meneguk miras justru dilakukan disaat masih banyak pengunjung taman yang melakukan aktivitas positif lainnya.

"Kalau untuk kejahatan jenis miras itu biasa dilakukan sejak masih banyaknya pengunjung. Para pelakunya tidak peduli," ujarnya. 

Lanjutnya, bahkan ditegurpun malah melawan dengan petugas. 

Tidak hanya petugas taman yang menemukan kejahatan tersebut,  para pedagang kaki lima pun hampir setiap malam menyaksikannya ketika sedang berjualan di sekitar taman kota. 

Ketua PKL Food Truck Andri mengakui bosan melihat dan menegur kelakuan sejumlah pengunjung taman yang memanfaatkan taman untuk aktivitas mesum dan miras. 

"Kami ini sudah bosan mas kalau melihat dan menegur para pengunjung yang manfaatkan taman untuk bermesum dan minum minuman keras, " ujar Andri. 

Lanjutnya, ada yang langsung kami tegur dan langsung ditaati, tetapi ada yang melawan. Kami tidak bisa berbuat banyak karena bukan kewenangan kami. 

Ia menambahkan, kelakuan pengunjung seperti itu tentu sangat merugikan kami. Karena sudah beberapa kali kami dituduhkan menjual atau memfasilitasi perbuatan tidak terpuji jenis minuman keras tersebut. 

Berita Terbaru