PWI Kotawaringin Timur Gelar Akademi Jurnalistik untuk Mahasiswa dan Pelajar

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 10 September 2019 - 12:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Persatuan Wartawan Indonesia atau PWI Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar kegiatan akademi jurnalistik bagi mahasiswa dan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sampit, Selasa, 10 September 2019.

"Hari ini kami menggelar kegiatan akademi jurnalistik, untuk mengenalkan profesi seorang jurnalis atau wartawan," ujar Ketua PWI Kotim Andri Rizky Agustian, saat menyampaikan sambutan pada kegiatan tersebut, Selasa, 10 September 2019.

Dirinya menerangkan, kegiatan tersebut sengaja dilakukan karena selama ini cukup banyak para mahasiswa dan pelajar yang berupaya terjun ke dunia menulis. Sehingga harus dilakukan bimbingan agar bisa menjadikan tulisan mereka yang benar dan sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Sementara, kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten I Setda Kotim Nur Aswan, dalam sambutanya, dirinya berharap agar kegiatan tersebut bisa membimbing para pelajar dan mahasiswa di daerah ini untuk tidak menyebar berita sembarangan dan mengandung hoax.

"Saya harap para mahasiswi dan pelajar bisa mengikuti dengan baik. Sehinga bisa memahami apa saja berita hoax dan mana saja yang tidak hoax," terang Aswan.

Dirinya juga berharap agar mahasiswa dan pelajar lebih bijak dalam bermedia sosial. Jangan sampai nantinya akibat tidak memahami masalah kode etik dan juga penyebaran berita. Membuat masalah besar bagi asumsi sejumlah orang. 

"Mudah-mudahan apa yang disampaikan dalam akademi jurnalistik ini bisa menjadi pembelajaran baik, dan bisa disebarkan kepada teman karabat dan masyarakat dilingkungan masing-masing," harap Aswan. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru