DKPP Sukamara Ambil Sampel Darah Sapi untuk Ketahui Penyakit Brucellosis

  • Oleh Norhasanah
  • 10 September 2019 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian atau DKPP Sukamara mengambil sampel darah sapi untuk mengetahui penyakit yang ada di dalam tubuh ternak tersebut.

"Kami telah mengambil sampel darah sapi untuk mengetahui tingkat kadar suatu zat yang terkandung dalam darah ternak," kata Kepala Bidang Peternakan DKPP Sukamara, Syamsir Hidayat, Selasa, 10 September 2019.

Menurut Syamsir, pengambilan darah tersebut untuk memeriksa penyakit brucellosis atau keguguran menular, parasit darah dan parasit cacing pada sapi. 

"Kegiatan ini kita laksanakan untuk mencegah adanya brucellosis. Brucellosis ini adalah penyakit keguguran menular pada hewan yang disebabkan oleh bakteri brucella abortus yang menyerang sapi, domba, kambing, babi dan ternak lainnya," ujar Syamsir.

Syamsir menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan, DKPP Sukamara bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam melakukan pemeriksaan darah sapi.

"Untuk pemeriksaan sampel darah sapi ini, kita bekerjasama dengan Dinas Peternakan provinsi," terang Syamsir Hidayat. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru