DKPP Sukamara Ambil Sampel Darah Sapi Milik Masyarakat untuk Diperiksa ke Laboratorium

  • Oleh Norhasanah
  • 10 September 2019 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara ambil sampel darah ternak sapi milik masyarakat untuk diperiksa di laboratorium.

"Sampel darah sapi ini akan diperiksa di laboratorium," ucap Kabid Peternakan DKPP Sukamara, Syamsir Hidayat, Selasa, 10 September 2019.

Menurut Syamsir, dalam pemeriksaan sampel tersebut, pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Hasil dari pemeriksaan ini sangat berguna bagi peternak dan masyarakat, karena bisa kengetahui apakah hewan ternaknya mengidap penyakit Brucellosis atau tidak, sehingga mereka bisa melakukan pencegahan, pengobatan dan pemberantasannya," katanya.

Syamsir menambahkan, apabila ternak yang mengidap penyakit tidak segera mendapat pengobatan, maka dapat menyebabkan kematian terutama pada ternak muda. 

"Permasalahan ini juga dapat menimbulkan kerugian ekonomi bagi masyarakat, karena pertumbuhan terhambat, berat badan, daya kerja dan reproduksi terjadi penurunan. Sehingga kita melakukan pemeriksaan melalui pengambilan sampel darah sapi ini," ujar Syamsir Hidayat. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru