Bupati Hendra Lesmana Ingin Program Beasiswa Pemerintah Tepat Sasaran

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 10 September 2019 - 14:32 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau Hendra Lesmana menginginkan program beasiswa yang disalurkan pemerintah setiap tahunnya tepat sasaran.

Terkait hal itu, Bupati berencana melakukan evaluasi menyeluruh perihal program beasiswa pemkab yang sudah berjalan sejak lama.

"Pemkab Lamandau berkomitmen untuk meningkatkatkan kualitas pendidikan. Sehingga ada di antara programnya adalah pemberian beasiswa. Namun saya tidak ingin program beasiswa pemkab yang disalurkan setiap tahun ini tidak tepat sasaran. Makanya dalam waktu dekat kami akan melakukan evaluasi," ujar Bupati Hendra, Selasa, 10 September 2019.

Ia menyebut, keinginan melakukan evaluasi program beasiswa juga datang dari adanya masukan berbagai pihak. Termasuk saat dirinya kunjungan kerja atau kunker dengan agenda menyerap aspirasi serta melihat kondisi riil di tengah-tengah masyarakat.

"Sering saya menyaksikan kondisi di desa-desa yang mana ada anak dari keluarga kurang mampu atau anak yatim yang perlu bantuan. Meski biaya sekolahnya gratis, tapi kan tetap mereka punya beban ekonomi. Bisa jadi, adanya fenomena anak putus sekolah itu bukan karena soal bayaran sekolah, melainkan karena biaya hidupnya itu. Ini yang kita  selamatkan," kata dia.

Bupati Hendra bercerita, saat dirinya melakukan kunker ke desa-desa di Kecamatan Lamandau dan Kecamatan Belantikan Raya pada pekan lalu, fenomena anak yang mengenyam pendidikan di tingkat sekolah dasar dari kalangan keluarga kurang mampu atau anak yatim piatu banyak ditemui.

Di sisi lain, pemkab selalu menggelontorkan anggaran beasiswa bagi mahasiswa lebih dari Rp 3 miliar per tahun.

"Jangan sampai ada kesan bahwa pemkab hanya memberi beasiswa bagi mahasiswa, sedangkan murid SD, SMP, atau SMA kita yang kurang mampu tidak diperhatikan. Ini tentu kita hindari," tegas dia.

Selain itu, Bupati juga memastikan akan memaksimalkan potensi lain untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan di Lamandau. Termasuk dengan mengoptimalkan kontribusi dunia usaha agar sama-sama bertanggung jawab dalam menjamin terlaksananya program dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya bagi masyarakat Bumi Bahaum Bahuba. (HENDI NURFALAH/B-3)

Berita Terbaru