Anggota DPRD Berharap Pemkab Kapuas Terus Bina Ormas dan LSM untuk Kontrol Kinerja

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 September 2019 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Rosihan Anwar, berharap pemkab terus membina organisasi masyarakat atau ormas dan lembaga swadaya masyarakat (LSM). Pembinaan diperlukan untuk membangun daerah agar lebih baik lagi lewat kontrol kinerja pemerintah.

Menurut dia, ormas atau LSM berperan sebagai kontrol kinerja pemerintahan, baik eksekutif, yudikatif, maupun legislatif. Hal itu bisa dilakukan asal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Karena ormas itu adalah perkumpulan masyarakat yang memiliki kepentingan bersama. Terutama dalam kontrol kinerja. Sehingga perlu terus dibina dengan baik," ucap Rosihan, Selasa, 10 September 2019.

"Mudah-mudahan ke depan kalau pembinaan pemerintah dalam hal ini Kesbangpol lebih baik dan bisa melekat atau bersinergi, maka dalam mengawasi atau membina ormas akan mudah," lanjutnya.

Politisi PKS ini mengatakan, jika sudah terbina dan bersinergi dengan baik, Pemkab Kapuas cukup tugaskan ormas itu untuk mengadakan suatu kontrol di masyarakat di bidang yang mereka geluti.

"Misalnya kehutanan, pertanian, ekonomi, dan lain sebagainya. Itu tidak menghabiskan waktu dan dana," katanya.

Untuk itu, dia berharap pembinaan ormas atau LSM dapat terus dilakukan oleh Pemkab Kapuas mengingat keberadaan mereka juga penting dalam pembangunan daerah. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru