Peserta Akademi Jurnalistik PWI Kotim Serbu Narasumber dengan Beragam Pertanyaan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 10 September 2019 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Akademi jurnalistik yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), ternyata sangat antusias diikuti peserta dari kalangan mahasiswa dan pelajar. Bahkan banyak dari peserta menyerbu pertanyaan saat salah satu narasumber menyampaikan materi.

Materi yang banyak diserbu peserta yakni dasar jurnalistik. Banyak dijelaskan tentang cara menulis berita yang benar sesuai dengan rumus dasar 5W + 1H, cara memilih angle berita yang baik, dan cara memilah berita yang layak.

Dari penjelasan tersebut, cukup banyak pertanyaan peserta. Bahkan pertanyaan yang cukup mendalam juga dilayangkan. Salah satunya cara berkomunikasi dengan para narasumber.

"Pertanyaan peserta cukup bagus-bagus. Dan terlihat sudah  memahami tentang penulisan dasar, tinggal bagaimana mengembangkan dan memperdalam lagi," kata Norjani Aseran, narasumber untuk materi Cara Membuat Berita, Senin, 10 September 2019.

Norjani juga menyampaikan sejumlah pembelajaran terkait cara mudah dalam membuat berita, aturan hukum, kode etik jurnalistik, Undang-Undang No 40/1999 tentang pers, dan uji kompetensi.

Kemudian, terkait straight news, hard news, soft news, indepth news, investigation news, interpreative news, opinion, dan features.

"Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan bisa diterapkan nantinya dalam menulis. Sehingga memiliki kemampuan menulis yang baik nantinya. Karena kemampuan menulis ini akan berguna di profesi mana pun," kata Norjani. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru