Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Dukcapil Barito Timur akan Luncurkan Kartu Identitas Anak

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 10 September 2019 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Barito Timur, akan meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA) pada 27 September mendatang.

"KIA akan di-launching langsung oleh Bupati Barito Timur," kata Kepala Dinas Dukcapil Barito Timur, Nakaria F Pundeh, Selasa, 10 September 2019.

Nakaria menjelaskan peluncuran tersebut sesuai dengan intruksi dari pemerintah pusat melalui gubernur, dan pemkab. Dalam rangka Kabupaten/Kota dapat mendata penduduk dari balita hingga manula.

Selain itu, dalam launching-nya nanti akan mengundang keterwakilan dari setiap kecamatan. Akan ada penyerahan secara simbolis untuk menerima KIA tersebut.

"Kita undang anak-anak usia dari 1 - 15 tahun, perwakilan setiap kecamatan masing-masing 5 orang saja. Agar tidak membludak," kata dia.

Nakaria menjelaskan, agar tidak ada membeludaknya masyarakat dalam pembuatan KIA nanti. Setiap kepala keluarga yang membuat akta, apabila sudah memiliki anak bisa langsung dibuatkan KIA.

"Untuk yang hanya membuat KIA wajib melengkapi persyaratan orangtua membawa fotokopi KK, akta Nikah, akta kelahiran anak, dan fotokopi KTP suami istri," pungkasnya. (PRASOJO/B-11)

Berita Terbaru