Perusahaan di Barito Utara Diminta Memberdayakan Tenaga Kerja Lokal

  • Oleh Ramadani
  • 10 September 2019 - 20:52 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Anggota DPRD Barito Utara, Muhammad Harris Fitriady meminta seluruh perusahaan yang berinvestasi di daerah ini agar memberdayakan tenaga kerja lokal.

Menurutnya, dengan memberdayakan tenaga kerja lokal, perusahaan sudah berkontribusi kepada daerah. Yakni dalam meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat Barito Utara.

“Saya harap perusahaan yang bergerak di daerah ini, lebih mengutamakan perekrutan tenaga kerja dari penduduk lokal. Jangan sampai warga lokal hanya jadi penonton di tempat sendiri,” kata Harris Fitriady, Selasa 10 September 2019 saat ditemui di kantor DPRD Barito Utara.

Berdasarkan Peraturan Bupati Barito Utara, setiap perusahaan minimal memperkerjakan masyarakat atau tenaga kerja lokal sebesar 70 persen dari kebutuhan karyawan.

Dia mengatakan, banyak putra putri daerah memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jadi jangan sampai  perusahaan tersebut beralasan tidak memekerjakan tenaga lokal.

Apabila kemampuan putra-putri daerah ini belum sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka dapat diikut sertakan dalam pelatihan. Hal ini merupakan kewajiban perusahaan, jangan malah orang dari luar daerah yang diberikan pelatihan.

“Mereka yang didatangkan dari luar seharusnya yang sudah memiliki skill atau pengalaman yang lebih. Jika datang ke daerah ujung-ujungnya ikut pelatihan lagi, mengapa bukan masyarakat lokal kita yang diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan itu. Karena, masyarakat lokal pun bisa dilatih,” katanya. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru