Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pendidikan Sukamara Belum Keluarkan Kebijakan Soal Jam Sekolah Karena Kabut Asap

  • Oleh Norhasanah
  • 10 September 2019 - 20:30 WIB

BORNEOMEWS, Sukamara - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukamara, Chairuddin mengatakan pihaknya belum mengeluarkan kebijakan mengenai jam sekolah, terkait kabut asap yang melanda saat ini.

"Memang belum ada kebijakan terkait munculnya kabut asap dengan penetapan jam belajar sekolah. Apabila kabut asap dinilai sudah mengkhawatirkan kesehatan anak-anak, dipersilahkan sekolah mengambil kebijakan," ucap Chairuddin, Selasa, 10 September 2019.

Dia mengatakan, pihak sekolah bisa saja mengatur jam masuk sekolah menyesuaikan dengan kualitas udara.

"Pihak sekolah sendiri yang merasakan dan mengetahui kondisi di wilayahnya. Jadi bisa mengatur untuk jam masuk sekolah sesuai kondisi," kata Chairuddin.

Menurutnya, kondisi kabut asap yang muncul di setiap wilayah Sukamara tidak sama. Dan setiap sekolah mengalami kondisi yang berbeda. Sekolah yang ada di wilayah kabut asap parah bisa mengambil kebijakan.

"Kalau memang kondisinya sudah mengkhawatirkan bagi kesehatan anak-anak yang bersekolah, maka bisa menyesuaikannya seperti menunda jam masuk atau kebijakan lainnya," tutur Chairuddin.

Menurutnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukamara masih melihat kondisi kabut asap benerapa hari kedepan, apabila memang kondisi udara semakin buruk, maka pihaknya bisa saja mengeluarkan surat edaran mengenai pengunduran jam sekolah.

"Kita lihat dulu situasinya hingga beberapa waktu kedepan, kalau kabut asap sudah parah dan merata disemua wilayah Kabupaten Sukamara maka dinas pendidikan bisa saja mengeluarkan kebijakan untuk menunda jam masuk sekolah atau meliburkan anak-anak," ujar Chairuddin.

Sementara, Wakil Bupati Sukamara, H Ahmadi mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah saat kabut asap. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru