Suplai Air PDAM Katingan ke Pelanggan Terganggu

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 September 2019 - 22:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Suplai air dari PDAM Katingan ke pelanggan saat ini terganggu. Hal tersebut lantaran Sungai Katingan Surut.

Direktur PDAM Katingan, Adiansyah, mengatakan, bahan baku air diambil dari Sungai Katingan. Akan tetapi sejak debit air berkurang di musim kemarau, pengambilan bahan baku air ini menjadi terganggu.

"Pipa intage untuk memompa air kadang tidak menjangkau air sungai lagi, karena surut," kata Adiansyah, Selasa, 10 September 2019.

Akibatnya, pihaknya harus menyambung pipa untuk menyesuaikan keadaan air sungai yang agak ke tengah.

"Jadi kita setiap waktu memantau pipa intage ini. Kalai air sungai bertambah surut, kita juga menyesuaikan dengan menambah pipa untuk menjangkau air yang ada," katanya.

Proses pengambilan bahan baku itu mengakibatkan suplai air bersih ke sejumlah pelanggan di Kelurahan Kasongan Baru juga terganggu. Air PDAM beberapa kali macet di wilayah ini.

Meski kadang pengambilan air baku mengalami kendala, Adiansyah mengatakan, pada musim kemarau ini kualitas air yang ada lebih baik dibanding musim hujan.

Pasalnya, jika musim hujan bahan baku air yang diambil dari Sungai Katingan bercampur dengan air gambut. Sehingga mesin pengolah yang ada tidak bisa mengolah bahan baku secara maksimal, terlebih mesin yang ada bukan type untuk pengolahan air gambut. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru