Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musirawas Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanganan Kebakaran Lahan di Kalimantan Tengah Harus Libatkan Semua Pihak 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 11 September 2019 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penanganan kebakaran lahan di Kalimantan Tengah harus melibatkan semua pihak. Tidak cukup jika hanya mengandalkan pemerintah dan instansi terkait. 

"Peran pemerintah, TNI, Polri, BPBD, dan relawan pemadam kebakaran lainnya sangatlah berarti dan penting untuk terus melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan" kata Heru Hidayat, pemuda di Kalteng, Rabu, 11 Setember 2019.

Namun demikian, lanjut mantan anggota DPRD Kalteng ini, keterbatasan personel dan luas wilayah di Kalteng ini perlu menjadi perhatian bersama. Oleh sebab itu, mengatasi kebakaran lahan harus melibatkan partisipatif masyarakat.

Peran RT untuk mengkoordinir masyarakat agar dapat terlibat dalam pemadaman kebakaran sangat dibutuhkan. RT juga harus berkoordinasi dengan BPBD supaya bisa melakukan pemetaan di daerah rawan.

Menurut Heru, selain upaya pemadaman, berdoa juga bagian penting untuk memohon turunnya hujan. Kemudian, memberikan sanksi tegas kepada pelaku pembakaran. Di sisi lain, pemilik lahan juga harus peduli dan bertanggung jawab atas kepemilihan lahan, setidaknya menjaga dan mengontrol supaya tidak terjadi kebakaran. 

"Ini dilakukan agar pemilik lahan secara aktif mengontrol dan menjaga agar tidak terjadi kebakaran," ungkapnya. 

Heru berharap, upaya sinergi saat ini yang melibatkan berbagai pihak dapat mencegah musibah panjang kebakaran lahan. Jangan sampai, lanjutnya, kebakaran hutan dan lahan semakin parah. 

"Karena dampak dari kebakaran lahan adalah kita semua. Seluruh masyarakat Kalteng akan menanggung dampak bahaya yaitu buruknya kualitas udara bagi kesehatan, terganggunya proses pendidikan dan kerugian lainnya," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru