Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Air Sungai di Wilayah Selatan Kotawaringin Timur Mulai Asin

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 September 2019 - 14:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Air sungai yang berada di wilayah Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini sudah mulai asin. Hal itu terjadi karena sudah hampir dua bulan daerah tersebut dilanda kemarau.

"Sudah sepekan lebih air Sungai Mentaya maupun anak sungai terasa asin," ujar AHmad Wahyudi, warga Desa Parebok, Kecamatan Teluk Sampit, Kotim, Senin, 11 September 2019.

Dia mengatakan, air sungai itu padahal kerap digunakan warga untuk mandi dan cuci. Kemudian, jika surut dan pasang maka air sungai kondisinya keruh sehingga tidak bisa digunakan. 

"Kalau sebelumnya hanya payau saja, dan saat ini sudah asin. Jadi tidak bisa digunakan lagi," kata Wahyudi. 

Saat ini, warga sekitar hanya memanfaatkan sisa stok air hujan yang disimpan dalam profil tank atau lainnya. Air tersebut digunakan untuk minum, masak, dan juga sedikit untuk berbilas saat mandi. 

Dengan keadaan tersebut, warga sekitar berharap agar ada bantuan air bersih dari pemerintah daerah. Sehingga kebutuhan air bisa tertangani. 

"Ada beberapa waktu lalu bantuan air, namun masih kurang. Warga di sini juga cukup banyak. Mudah-mudahan nanti bantuan air bisa pebih banyak lagi," harap Wahyudi. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru